Dunia akan terus berkembang dan akan mengalami perubahan
baik secara lambat maupun cepat. Hingga sampai pada saat ini sudah mencapai era
revolusi digital, di mana semua aktivitas dipenuhi oleh berbagai macam jenis
teknologi. Banyak sekali manfaat dari teknologi karena dari kegiatan yang dulu
sulit dikerjakan, sekarang dengan mudah sekali dijangkau. Menurut data yang
ada, penggunaan media sosial termasuk tertinggi di dunia. Sebanyak 78% pengguna
internet saat ini melakukan pembelian secara online dan 75% pembelian online
dilakukan melalui perangkat seluler.
Era
ekonomi digital di masa depan, telah menguatkan peran teknologi informasi dalam
dunia bisnis. Salah satu sektornya adalah dengan memberikan banyak kontribusi
positif pada kegiataan perekonomian Indonesia. Terlebih lagi dengan adanya media sosial dalam konteks ekonomi
digital semakin berperan dalam membuka peluang usaha-usaha baru bagi
masyarakat. Itulah yang menjadi indikator dari kemunculan fenomena
kewirausahaan digital. Jika dianalisis, kata “kewirausahaan digital” berasal
dari kata teknopreneur yang memiliki makna ‘wirausaha digital’ serta gabungan
antara ‘teknologi’ dan ‘entrepreneur’.
Yang
akan dibahas dari era digital ini, yaitu mengenai kewirausahaan. Kewirausahaan
sudah dipengaruhi atau bertransformasi menjadi digital dalam memanfaatkan
bisnis. Sehingga kewirausahaan digital merupakan upaya dalam pemanfaatan
teknologi informasi dan aktivitas bisnis yang semakin terkoneksi dengan
masyarakat. Istilah lainnya, yaitu Digital Enterpreneur yang menggambarkan
bagaimana kewirausahaan akan akan berubah. Mencakup perubahan dalam teori dan
praktik wirausaha, juga pendidikan. Pengaplikasian kewirausaan digital ini
berprinsip dasar untuk meningkatkan lebih banyak modal, mengembangkan pola
pikir kewirausahaan, serta dapat mencari peluang dari lingkungan sekitar dengan
mengenal karakteristik pelanggan. Sudah banyak hampir setiap harinya start-up
yang berbasis digital hingga toko online yang bermunculan dengan beragam
inovatif yang menarik. Dengan berbasis digital, kewirausahaan digunakan sebagai
pendukung ekonomi digital dan memajukan revolusi industri 4.0 di Indonesia.
Bagaimana
memanfaatkan teknologi digital dengan mencoba memprediksi keadaan kedepannya? Dengan
menggunakan pola bisnis Food Supply Chain Management, yang berbeda dari pola
manajemen bisnis biasa karena digitalisasinya ada di tiga area, yaitu distribution
network, distribution management, dan transportation manajement. Yang mana karena
ini berbicara tentang produk yang mudah rusak, yaitu makanan, maka memerlukan
pengaturan ruang suhu di semua segmen dan tentunya membutuhkan teknologi yang
cukup signifikan. Kemudian ada prinsip-prinsip kerja, yaitu food safety, food
quality, dan sustainability. Teknologi informasi dibutuhkan untuk mendapat daya
saing yang kuat, jika tidak menggunakan teknologi informasi maka manajemen
bisnis akan berat. Ada lima hal stategi bisnis dalam era digital ini.
- Customer focus, keunggulan kompetitif diperoleh dengan berfokus pada kepuasaan pelanggan. Contohnya, layanan antar kilat yang memberikan jasa pengantaran kurang dari 24 jam.
- Omnichannel, untuk menghubungkan dunia offline ke online. Contohnya, setiap outlet didorong masuk ke e-commerce dengan standar operasi tertentu.
- Big data, menggunakan SAP Business One untuk mendukung transaksi bisnis. Membuat data warehouse untuk oengambilan keputusan.
- Cybersecurity, untuk melindungi informasi bisnis perusahaan. Contohnya, Shopos Central.
- Digital capability, untuk mendukung perusahaan masuk ke dunia digital.
Transformasi
digital yang semakin maju dan canggih memang memiliki banyak sekali manfaat
untuk perkembangan dunia bisnis saat ini. Di era digital dengan berbagai
kemudahan yang ditawarkan untuk mulai membangun bisnis, menjadi tempat bagi
pengusaha meraih sebuah kesempatan sekaligus tantangan. Namun, ini bisa menjadi
sebuah tantangan yang cukup berarti jika bisnis yang dijalankan tidak dapat
mengikuti perkembangannya. Apalagi, saat adanya rasa kekhawatiran dan kecemasan
untuk mengubah cara-cara lama karena takut tidak sesuai dengan yang diharapkan
atau justru gagal. Adanya teknologi digital tidak juga membuat kesuksesan dapat
terjadi secara mudah karena ada beberapa kriteria dan banyak faktor lain yang
dibutuhkan dalam diri seseorang untuk mencapai kesuksesan. Orang sukses
mempunyai cita-cita, kriteria, dan karakter tertentu khusus untuk bisa sukses. Juga
dituntut untuk terus belajar dan belajar lagi, sehingga nantinya akan sangat
mempermudah jalannya bisnis bila berhasil. Beberapa peluang dan juga sekaligus
tantangan yang ada terkait kewirausahaan digital dalam manajemen bisnis, antara
lain:
- Digitalisasi akan meningkatkan produktivitas bisnis secara signifikan
- Sistem online akan menjadi pendukung manajemen rantai pasokan
- Pekerjaan berbahaya, berat, atau berulang dapat dilaksanakan secara otomatis
- Big data akan digunakan untuk meningkatkan efesiensi, hasil, kualitas, kondisi alat untuk pemeliharaan
Kompetensi
atau skill yang perlu dimiliki ketika ingin menjadi wirausaha digital. Pertama,
komunikasi yang merupakan keterampilan penting kunci sukses wirausahawan.
Sebagai seorang wirausaha harus bisa menjelaskan ide berulang kali, menawarkan
promosi ke pelanggan maupun investor. Kedua, memiliki kecerdasan finansial untuk
mengedalikan arus kas bagi solopreneur, freelancer, atau bisnis besar. Ketiga,
harus memiliki merk agar “wajah” usaha dapat dikenal secara luas. Cara
memperkenalkan diri, cara bicara, cara menanggapi pelanggan, dan sebagainya
adalah merk “citra” sebagai wirausaha. Keempat, mempunyai strategi marketing
untuk menawarkan usaha yang terbaik. Harus memperdalam pemahaman berbagai
disiplin ilmu pemasaran untuk mengoptimalkan Search Engine, pemasaran media
sosial, pay per click, pemasaran konten, dan pemasaran via email. Kelima,
memperluas jaringan networking karena semakin banyak kenalan yang dimiliki,
maka semakin banyak pula orang yang akan mengetahui keberadaan Anda dalam
menjangkau hubungan bisnis. Keenam, melakukan hal yang sama berulang kali akan
mengurai produktivitas wirausaha. Jika perangkat lunak bisa mengerjakan, maka
pelajari cara menggunakan atau melakukan pendelegasian. Hal ini disebut dengan
Automation. Ketujuh, membuat desain yang menarik dan mudah diingat. Banyak
wirausaha yang mengabaikan desain produk karena terburu-buru ingin memasuki
pasar, sehingga akan menimbulkan kegagalan besar. Desain bukan hanya tampilan,
tetapi juga memiliki fungsi untuk menarik pelanggan. Oleh karena itu, jangan
menganggap remeh designer yang merancang desain produk. Kedelapan, belajar
menganalisis hal yang penting. Sehebat apapun firasat atau intuisi seseorang,
tetap belajarlah membuat keputusan berdasarkan data. Kesembilan, technical
dalam pemrograman pada era digital memang suatu keterampilan yang penting di
dunia sekarang. Namun, tidak semua orang mampu dan tidak harus bisa hal
tersebut. Yang terpenting adalah memahami pemahaman dasar sederhana tentang
alogaritma dan cara berpikir terstruktur sehingga akan mengembangkan pemikiran
logis untuk pemecahan masalah yang kompleks. Terakhir, dengan online learning merupakan
salah satu keterampilan penting di era digital yang akan membantu untuk
meningkatkan kinerja bisnis.
Bisnis
saat ini dapat dilakukan dan dikontrol dari jarak yang cukup jauh karena adanya
internet yang sudah mendunia dengan menggunakan website, e-mail, aplikasi
dan fitur chatting. Pemilik bisnis bisa berkomunikasi dengan
karyawannya hanya mengenai hal-hal yang berhubungan bisnis. Melalui fitur-fitur
yang telah tersedia di internet, dapat dimanfaatkan fungsinya. Dengan sosial
media marketing yang dijalankan untuk mendapatkan lalu lintas situs web,
melalui situs media sosial, pemasaran media sosial biasanya berpusat pada upaya
untuk menciptakan konten yang menarik perhatian publik dan mendorong netizen
untuk menyukai, berbagi, dan mengikuti konten melalui jaringan sosial mereka.
Salah satu contohnya dari blog Dunia
Kampus 4.0, silahkan dilihat untuk menambah wawasan seputar ilmu
pengetahuan, teknologi dan seni di era revolusi industri 4.0. Lalu, dapat juga
dengan melalui sebuah video yang unik hingga viral jika video tersebut tersebar
dengan cepat melalui berbagai cara melalui internet sharing. Video yang viral dapat
menerima jutaan viewers dengan membagikannya di situs media sosial, diumumkan
ke blog, mengirim dalam email, dan sebagainya. Youtube sebagai sarana untuk
berbagi video dan untuk mengetahui informasi seputar dunia kampus dapat ditemui
pada akun Dedi
Purwana Channel. Terdapat konten mengenai kewirausahaan digital yang
videonya dibagi menjadi 2 part, yaitu Wirausaha Digital itu keren!
#1 dan Wirausaha
Digital itu keren! #2.
terus posting artikel menarik lainnya!
ReplyDeletemantapp, keren dan bermanfaat sekali artikelnya✨
ReplyDeleteDitunggu postingan selanjutnya
ReplyDeleteWow terimakasih infonya kak
ReplyDeleteKeren banget!
ReplyDeletejadi pengen usaha...
ReplyDeleteWah informatif banget
ReplyDeletekeren & informatif sekalii!
ReplyDeleteInformatif bangett✨👍
ReplyDeleteWaaa terima kasih infonya
ReplyDeleteKeren sekali
ReplyDeletewah
ReplyDeleteWihh menarik banget artikelnya✨✨
ReplyDeleteKeren bgt ! -nad
ReplyDeleteinfonya sangat bermanfaat
ReplyDelete