Strategi Saat Mengembangkan Bisnis Dengan Digital Marketing 📱

 

Digital Marketing

Pada kesempatan kali ini, saya akan menulis esai mengenai Digital Marketing. Kebutuhan mengenai digital marketing begitu penting bagi para entrepreuner muda. Mengapa dikatakan penting? Karena kemajuan teknologi dan informasi di era digital ini menjadi hal yang harus dan wajib kita mengerti. Sebagai bagian dari strategi pemasaran yang membuktikan betapa pentingnya ketika orang sudah tidak bisa mengakses secara konvensional di beberapa media promosi atau pemasaran yang dilakukan pada media digital, menjadi satu-satunya solusi dalam masa kini sehingga terbuka peluang dan kesempatan bagi para wirausahawan untuk melakukan promosi dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital. Jadi, pada mata kuliah kewirausahaan digital ini, mari bersama-sama kita ketahui beberapa hal yang perlu dipahami oleh wirausahawan muda. Bagaimana implementasi dari mulai merancang sebuah strategi yang menggunakan konsep marketing sampai dengan implementasi dan evaluasi atau controlling? Maka ada beberapa fenomena atau beberapa data yang akan mengarahkan kepada kita semua supaya kita mendapatkan gambaran yang jelas tentang apa sih digital marketing itu, terutama di kondisi kita sekarang?

 

Saat ini, populasi Indonesia sudah mulai sadar akan perkembangan zaman dan di hampir keseluruhan dari pengguna internet, sudah banyak menggunakan media sosial. Dari pengguna sosial aktif, maka dia menggunakan suatu perangkat untuk mengakses internet, salah satu yang sering dipakai dan dibawa adalah handphone. Pasti di antara kalian saat ini yang sedang membaca, tidak mungkin sedang tidak menggunakan handphone. Jadi, hampir seluruh atau kebanyakan orang itu sudah pasti melek teknologi.

                                   

Peran internet dan teknologi digital telah mengubah dunia yang semula di beberapa media konvensional dianggap berakhir, namun seiring perkembangan zaman, maka internet dan teknologi digital menguasai dunia serta mengubah pola perilaku konsumen sehingga terjadinya shifting pada perilaku konsumen. Hal tersebut menjadi sebuah peluang oleh pemilik bisnis, yang mana mereka dituntut harus bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Digital marketing merupakan bagian dari sebuah jawaban yang kita berikan kepada konsumen supaya kita tetap bisa memenangkan persaingan yang terjadi sebagai wirausaha. Masa depan dapat mengatakan bahwa sebenarnya manusia yang berhasil, yang sukses, dan yang bisa memenangkan pertempuran itu adalah orang-orang yang paling kuat terhadap perubahan situasi, yang paling bisa beradaptasi cepat. Maka dengan banyaknya berbagai perubahan yang terjadi mau tidak mau kita harus mampu beradaptasi terhadap perubahan yang ada termasuk dengan teknologi yang saat ini sedang berkembang pesat.

 

Cara merancang agar mampu bersaing di lingkungan sekitar yang sudah berada pada era digital dalam pemasaran dengan menggunakan SOSTAC Marketing Diagram.

1.    Situation Analysis (Analisis Situasi)

Menjelaskan tentang situasi dari proses pemasaran di tempat kita saat ini berada. Dalam melakukan pemasaran harus mampu memahami gerak-gerik pelanggan yang sedang diminati hingga perilaku yang mencerminkan keadaan saat ini. Dari hasil pengamatan tersebut, hal yang juga penting dengan mengumpulkan data-data dari berbagai informasi yang dibutuhkan mengenai keadaan internal dan eksternal keadaan pasar pada kondisi yang sesungguhnya (market place). Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam melakukan interaksi dengan konsumen digital dalam pemasarannya dapat menggunakan metode analisi SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Melakukan analisi dengan merek dan platform yang mudah digunakan, serta melihat demografinya.

2.    Objectives (Tujuan)

Arahan untuk mencapai suatu tujuan kemana kita harus menjadi realistis dan menjadi tolak ukur yang ingin dicapai melalui strategi yang dicapai melalui perumusan performa tujuan (5S), yaitu

  • Sell – Nilai penjualan ditingkatkan
  • Serve – Melayani pelanggan sesuai keinginannya yang dapat memberi keuntungan
  • Speak – Sikap dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan kemampuan dalam mempromosikan produk/jasa sehingga calon pelanggan tertarik
  • Save – Memakai biaya seminimal mungkin
  • Sizzle – Memberi pengaruh baik terhadap brand image agar dapat dikenal oleh jangkauan luas

Kemudian dari masing-masing variabel tersebut dirumuskan kembali secara SMART, yaitu

  • Spesifik – Jika ingin meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan rasio retensi, maka dimulai dengan mengerjakan strategi pemasaran secara spesifik yang dapat dirinci lebih lanjut.
  • Measurable – Hasil yang dapat diukur untuk mendapatkan gambaran tentang kemajuan usaha.
  • Achievable – Menetapkan tujuan yang jelas dan realistis akan membantu untuk tetap termotivasi dan bekerja keras untuk mencapainya.
  • Realistic – Harapan yang realistis dapat membuktikan bahwa tujuan tersebut dapat dicapai dengan mendasarkan ekspektasi pada fakta yang sebenarnya.
  • Timely – Menetapkan tenggat waktu sangat berperan penting dalam rencana yang dipikirkan secara sempurna.

Pada tahap evaluasi di akhir pelaksanaan program e-marketing ini akan menjadi mudah karena sudah dibuat batasan-batasan tujuannya (objectives).

3.    Strategy (Strategi)

Cara dalam mencapai suatu tujuan di dalam e-marketing yang sudah ditetapkan dan diketahui merupakan strategi yang dirancang agar dapat sampai ke tujuan. Perencanaan strategi akan segmentasi, penargetan, dan memosisikan dengan lingkungan sekarang menggunakan metode Online Value Proposition (OVP).

4.    Tactics (Taktik)

Perincian detail dari langkah-langkah atau tahap-tahap dalam melaksanakan sebuah strategi yang akan digunakan untuk mencapai tujuan digital marketing. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka diterapkan e-marketing mix, termasuk communication mix, jaringan sosial, dan keadaan yang akan segera terjadi. Diperlukan detail dari strategi kontak terhadap konsumen, produk, dan merk yang akan menjadi tujuan. Menjadwalkan inisiatif e-campaign yang menargetkan pelanggan secara eksklusif melalui saluran digital, juga sering kali melibatkan banyak kolaborasi untuk memulai promosi.

5.    Action (Aksi)

Dari rincian taktik tersebut, selanjutnya akan dilakukan aksi yang diterapkan di lapangan market place yang sebenarnya. Saat melakukan taktik di lapangan secara aksi harus bersikap tanggung jawab penuh dan tetap terstruktur. Sebelum beraksi dipastikan terlebih dahulu sumber dayanya, apakah sudah memenuhi kebutuhan dan memiliki kemampuan dalam menjalankan taktik pada setiap proses bisnis, perencanaan keuangan, dan alokasi sumber daya secara detail. Sebab nantinya akan berpengaruh terhadap pandangan orang-orang melihat bagian eksternal bisnis sehingga dapat meminimalisir hal-hal yang dapat menghambat mencapai tujuan perusahaan.

6.    Control (Kontrol)

Memonitor hasil proses dengan memeriksa dan mengevaluasi secara berkala apakah aksi tersebut telah sesuai tujuan atau belum. Jika taktik-taktik yang sudah ditetapkan sudah berhasil dijalankan dengan maksimal, dalam melakukan kontrol saat melaksanakan semua taktik tersebut dapat juga disebut sebagai Key Performance Indicator (KPI). Melakukan testing dari produk bisnis atau melakukan mystery shopper, di mana konsumen yang direkrut sebelumnya dan yang memenuhi syarat mengukur sejauh mana interaksi pelanggan dengan bisnis mencerminkan pengalaman yang diinginkan bisnis. Dalam e-marketing yang tentunya menggunakan jaringan internet pada penggunaannya, jumlah pengunjung yang mengunjungi site profile dapat membantu pengontrolan agar tetap terpantau seberapa sering berkunjung ke e-business kita. Proses dari aksi dapat berupa hasil output yang diperoleh pada e-business sangat mudah didapat dari pelaporan data pengunjung. Terdapat chart atau diagram yang membantu untuk mengevaluasi kinerja pemasaran elektronik.

Dampak yang sangat signifikan bagi kesuksesan dan perkembangan sebuah bisnis didukung dengan adanya strategi digital marketing yang dimiliki. Apabila sedang menjalankan sebuah bisnis, sudah saatnya menerapkan strategi pemasaran yang telah dijelaskan di atas agar usaha bisnis semakin berkembang dan tidak tersaingi oleh bisnis lainnya yang beragam. Terlebih lagi jika ingin mengembangkan bisnisnya di dunia online, lakukanlah sebaik mungkin digital marketing yang sudah terbukti mampu dalam strategi pemasaran di internet. Salah satunya, melakukan pemasaran digital melalui media sosial yang sudah banyak dipakai oleh masyarakat banyak. Dan jangan lupa untuk mengunjungi blog Dunia Kampus 4.0, silahkan dilihat untuk menambah wawasan seputar ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di era revolusi industri 4.0.

 

Comments

Post a Comment